Dinas Sosial Kab. Way Kanan Gelar Sosialisasi Verifikasi dan Validasi Basis Data Terpadu

13 Februari 2019 | Administrator | 200 Dilihat

Dinas Sosial Kab. Way Kanan Gelar Sosialisasi Verifikasi dan Validasi Basis Data Terpadu

Dinas Sosial Kabupaten Way Kanan menggelar acara Sosialisasi Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Tahun 2019 di GSG Pemkab Way Kanan Provinsi Lampung pada Rabu (13/2/2019). Adapun kegiatan sosialisasi ini dilakukan sebelum nantinya dilanjutkan dengan pelaksanaan verifikasi dan validasi data fakir miskin yang merupakan pertama kalinya dilakukan di Kabupaten Way Kanan.  Acara dibuka langsung oleh Bupati Way Kanan dan dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Dinsos Kab. Way Kanan, para Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Way Kanan, Kepala BPS Way Kanan, Camat dan para Kepala Kampung/Lurah se-Kab. Way Kanan.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Sosial Kab. Way Kanan menyebutkan maksud diadakannya kegiatan ini adalah untuk memperoleh data fakir miskin dan orang tidak mampu yang valid, tepat sasaran dan mutakhir. Sedangkan tujuannya antara lain adalah memeriksa keberadaan fakir miskin, memeriksa keakuratan dan kelengkapan data fakir miskin, memperbaiki dan melengkapi data fakir miskin dan menerima usulan data baru untuk selanjutnya dimasukkan ke dalam BDT (Basis Data Terpadu).

Sedangkan Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya, SE, MM, dalam sambutannya berharap kepada seluruh Camat serta Kepala Kampung/Lurah yang terlibat pada kegiatan ini untuk selalu melakukan update data agar data tersebut akurat minimal setiap 6 bulan sekali. "Saya berharap kepada Kepala Kampung/Lurah untuk dapat mengawal penuh kegiatan ini, lalu diverifikasi dan validasi dengan benar, supaya kita bisa memulai dengan yang benar.Kalau datanya sudah benar, maka yakinlah kalau hasilnya juga akan benar.Tapi jika datanya dimulai dengan data yang salah, maka akan salah semua hasilnya" demikian tegas Bupati kepada seluruh peserta sosialisasi yang hadir.

"Adapun untuk kegiatan verifikasi dan validasi Basis Data Terpadu ini nantinya telah dijadwalkan secepatnya setelah kegiatan sosialisasi ini dengan terlebih dahulu akan dilaksanakan pelatihan pendataan kepada petugas pendata dan operator di setiap kampung/kelurahan", kata Pardi, SH, MM (Kepala Dinas Sosial Kab. Way Kanan). Selain petugas verifikator dan operator di setiap kampung/kelurahan, nantinya juga akan dibantu oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Petugas Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Lurah dan Kepala Kampung se-Kabupaten Way Kanan. Pemutakhiran ini menjadi penting sekali, mengingat kedepan seluruh program-program yang berhubungan dengan penanganan fakir miskin akan menggunakan basis data terpadu yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial RI dan akan terus diupdate setiap tahunnya. Sehingga masyarakat penerima manfaat benar-benar sesuai dengan kondisi yang ada dilapangan.

Sedangkan Kepala Dinas Provinsi Lampung, Drs. Sumarju Saeni, M.Sc mengingatkan kepada seluruh Camat, Kepala Kampung/Lurah dan petugas yangnantinya akan melakukan verifikasi dan validasi agar tidak sembarangan dan berhati-hati dalam memberikan data/informasi terkait masyarakat miskin. Mengingat adanya ancaman sanksi pidana berupa ancaman hukuman 2 tahun penjara serta denda maksimal 50 juta rupiah bagi siapa saja yang memalsukan data verifikasi dan validasi data fakir miskin. (*wis)