Basis Data Terpadu BDT Kabupaten Way Kanan Akhirnya Diperbaharui

22 Februari 2019 | Administrator | 183 Dilihat

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan Sosialisasi Kegiatan Verifikasi dan Validasi Basis Data Terpadu (BDT) Kabupaten Way Kanan pada minggu yang lalu (12/2/2019), maka Dinas Sosial Kabupaten Way Kanan selama dua hari sejak tanggal 20 - 21 Februari 2019 melakukan kegiatan pelatihan dan bimbingan teknis Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) bagi penerima manfaat bantuan sosial se-kabupaten Way Kanan bertempat di aula kantor Dinas Sosial Kabupaten Way Kanan.

Adapun pelatihan ini dimaksudkan mengingat kewenangan pelaksanaan verifikasi dan validasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku adalah merupakan kewenangan dari pemerintah daerah, demikian juga pelaporan pendaftaran atau perubahan data secara berjenjang dari tingkat kampung/kelurahan, kecamatan, kabupaten/ kotamadya, gubernur sampai kepada menteri. Data kemiskinan yang telah diverifikasi dan validasi ini nantinya ditetapkan oleh menteri sebagai data terpadu yang dapat dipergunakan oleh kementerian/lembaga terkait untuk penanganan kemiskinan.

Kegiatan pelatihan tersebut diikuti oleh para Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Kabupaten Way Kanan sebanyak 14 orang, Koordinator Kabupaten 1 orang, operator Kabupaten 4 orang dan petugas dari Dinas Sosial Kabupaten Way Kanan sebanyak 4 orang. Dimana nantinya mereka inilah yang akan melatih para petugas yang berasal dari 227 kampung/selurahan se-Kabupaten Way Kanan tentang bagaimana melakukan pemutakhiran basis data terpadu melalui aplikasi SIKS-NG Kementerian Sosial RI.

Dalam sambutan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Way Kanan pada kegiatan pelatihan tersebut, mengingatkan kembali kepada seluruh peserta pelatihan agar melakukan pendataan dengan sebaik-baiknya. "Ada sanksi pidana bagi siapa saja terlebih kepada petugas yang melakukan pemutakhiran data fakir miskin ini, yakni sanksi hukuman penjara maksimal 2 (dua) tahun penjara dan denda minimal 50 juta rupiah" tegas Pardi, SH. MM, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Way Kanan.

Selain itu juga Kepala Dinas Sosial Kabupaten Way Kanan meminta kerjasama dari seluruh Kepala Kampung dan Lurah se-kabupaten Way Kanan untuk ikut bersama-sama membantu suksesnya pelaksanaan kegiatan verifikasi dan validasi BDT Tahun 2019 yang akan dilakukan langsung oleh petugas validasi dan operator yang berasal dari kampung/kelurahannya masing-masing. Mengingat Dinas Sosial Kabupaten Way Kanan hanya mampu menganggarkan dana untuk melatih 1 petugas verifikasi dan validasi serta 1 operator yang akan melakukan verifikasi dan validasi data fakir miskin penerima bantuan sosial. Sedangkan untuk honorarium bagi para petugas tersebut, diharapkan dapat dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBK) Tahun 2019 di masing-masing kampung/kelurahan.

Adapun manfaat dari kegiatan pelatihan pemutakhiran basis data terpadu fakir miskin penerima bantuan sosial ini adalah :
a. mensosialisasikan dan memberikan bimbingan secara teknis aplikasi SIKS-NG kepada  operator dan Koordinator Kecamatan;
b. mensosialisasikan tata cara verifikasi dan validasi data kemiskinan kepada operator dan koordinator Kecamatan; dan
c. mensosialisasikan instrument BDT kepada operator dan koordinator Kecamatan.

Hadir dalam acara pembukaan pelatihan itu Kepala BPS Way Kanan sekaligus memberikan materi serta petugas dari Pusat Data dan Informasi (PUSDATIN) Kementerian Sosial RI yang juga memberikan penjelasan bagaimana teknis pelaksanaan verifikasi dan validasi basis data terpadu tersebut. (*wis)